---

---
Karena Langit Tidak Perlu Menjelaskan Bahwa Dirinya Tingggi :)))

Minggu, 20 November 2016

Sepertinya aku bahagia, di satu sisi.. aku menangis.

Pernah satu hari gue baca syair karya jalaludin rumi, seorang penyair asal turkey yang sangat terkenal, dikatakan bahwa Jika kau ingin melihat wajah-Nya, maka tengoklah pada wajah sahabatmu tercinta.”. Memang, karya beliau selalu bisa membuat gue ber-imaji akan karya tulisan nya yang sungguh luar biasa. Pada hakikatnya sahabat adalah orang yang pertama kali mentertawakanmu ketika dirimu terjatuh, lalu.. dia juga akan jatuh dan tertawa bersama sama denganmu. Gue sempat bertemu dengan seorang cowo di terminal bandara Adi Sutjipto jogjakarta ketika mau mudik lebaran ke banjarmasin, dia orang makassar namun kuliah di undip jurusan hukum – dan mengambil konsentrasi atau profesi sebagai advokat, jadi otomatis diajauh lebih tua dari gue. Kita sempat berbincang-bincang karena pesawat yang kami tumpangi (walaupun beda tujuan) sama sama delay, ya tahu sendiri lah pesawat yang mana.
Namanya Danial Fahreza, biasa di panggil dani, dia bercerita panjang lebar tentang masalah hukum di indonesia yang bersangkut paut dengan politik, kriminalitas, per-sengketaan, dan masih banyak hal yang lain. Tetapi namanya manusia, kalau sudah di-sentil masalah percintaan, masalah hukum tadi pun pasti akan kalah.
“jadi gini jar, gue punya pacar, udah jadi mantan sih, namanya anisa. Dia orang yang paling cantik di kampus, sedangkan gue orang yang paling beruntung karena udah berhasil dapetin dia padahal gue ga punya mobil, uang pas-pasan, bahkan ipk gue pun hanya sangkut di rata-rata gak lebih.. gue juga bingung kenapa gue bisa pacaran ama dia.” Dani berhenti berbicara sambil menyeruput kopi Toraja Pulu-pulu yang tersedia di salah satu cafe terminal ruang tunggu Adi Sutjipto.
“lu emangnya udah pernah nanya alasan kenapa dia suka sama lu?” tanya gue penasaran, sambil menghisap Marlboro merah yang selalu menjadi teman gue ketika ngopi ataupun sekedar bercerita ke teman sejawat.
“udah pernah.. katanya si dia sih cinta itu gak memandang kasta, orang lain ganteng tapi kalau aku sukanya sama kamu, mau gimana lagi?  Gitu sih kata Anisa.”
“terbaek, bener juga tuh anak, bisa ya dia bikin kalimat se-puitis itu. Orangnya yg mana sih? Gue liat fotonya dong” sambut gue dengan nada penasaran.
Sambil membuka hape, Dani berkata “kalau di foto emang keliatan cantik jar, tapi kayanya kalau ketemu menurut gue biasa aja...... nah ini fotonya sama temennya, dia yang pake jilbab hitam, paling pojok.”
Gue speechless, dalam ati “beneran, ni cewek cantik banget, sumpah.”
“ini.. serius yang namanya anisa?” seolah olah ga percaya dan gue jadi tahu perasaan orang orang yang iri sama Dani.
“iya ini orangnya.. ga percaya kan? Nih gue masih nyimpen poto berduaan lagi mesra mesraan, mana ya..... nah ini”
Gue speechless untuk kedua kalinya, gue ga bisa ngomong, cewek secantik itu foto berdua sama Dani sambil meluk + cium pipinya dani, gila, gue jadi optimis kalo di dunia cewek yang mencintai apa adanya itu emang ada.
“anjrit, elu.. elu beruntung banget bisa dapetin hatinya nisa, jarang jarang ada orang yang bisa nerima lu apa adanya, dan. Lu harus pertahanin dia, jangan di sia-siain.” Jawab gue menggebu gebu seolah olah pacar gue anisa.
“hehe iya ya.. orang orang pada ngelihat gue bahagia sama dia.. emang sih, sepertinya gue bahagia, tapi.. di satu sisi gue menangis.”
Nah ini yang gue tunggu, kesempurnaan pun pasti masih mempunyai sisi hitam dan putihnya, sambil nyalain roko untuk kesekian kalinya gue bilang sama dia.
go ahead.., ceritain selengkap-lengkap nya aja.”
“oke, ehem.. jadi gini, gue punya satu sahabat, cewe, namanya Deandra Saputri, biasa gue manggilnya Dea, gue kenal ni cewe dari orok, dari orangnya dekil, ingusan, item banget, sampai sekarang dia jadi mahasiswi tercantik di kampusnya, lu ga percaya dia cantik? Nih gue kasih foto perbandingan dia waktu kecil sama kuliah.. mana ya potonya.. bentar.. nah ini dia” dani menunjukkan foto itu dengan mimik yang serius.
And then gue speechless untuk ketiga kalinya, kalo anisa aja yang menurut gue udah cantik, Dea, jauh lebih cantik.
“emang si nisa ada masalah sebelumnya sama dea?” sambil minum kopi Sidikalang yang tadi sebelumnya udah gue pesen.
“nggak jar.. jadi gini, gue kan temenan sama dea tu udah lamaaaaa banget bokap nyokap nya aja tau gue sebagai sahabat sehidup semati, sampai gue nginap di rumahnya pun udah hal yang biasa tapi ya tetep dia tidur di kamar gue tidur di ruang tamu. Pokonya dea itu tau seluk beluk nya gue, tau A sampai Z nya gue, sebaliknya gue juga tau semua hal tentang dia, jadi kita ga ada rahasia sama sekali. Walau emang pernah sih dulu gue sempet suka sama si Dea tapi gue nyadar kalo udah jadi pacar ga seseru sahabatan, dianya sih kaget gue bilang gitu mungkin dia juga shock denger gue suka sama dia, tapi lama kelamaan malah menjadi topik perbincangan yang selalu menjadi bahan bercandaannya kita”
“oh.. gue tahu masalahnya, jadi si Anisa ga suka sama Dea gara gara lu dulu pernah suka sama si dea walaupun lu emang pure sahabatan?” tanya gue, mencoba menjadi detektif.
“nggak.. masalahnya bukan itu, sebenarnya masalahnya itu ga penting banget sampe bisa bikin gue putusan ama si Anisa, jadi waktu gue pulang ke Makassar, gue ketemu sama Dea terus gue jalan jalan seharian.. biasalah meet up ama sahabat lu kan juga pasti kaya gitu kalo ketemu sahabat karib, nah.. ga kaya biasanya tiba tiba si anisa ini malah bete sama gue, sebelum kejadian itu dia ga pernah bete sama gue gara gara itu. Trus gue tanya kan sama dia kok kamu bete aku jalan sama dea? Kamu cemburu sama dea? Dan si anisa malah balas nya kaya gini Aku tu ga pernah rela kamu sahabatan sama cewe
Jdarrrrrr.... jadi bener apa yang pernah di omongin raditya dika “cewek tu ada 2 tipe, tipe pertama: dia pintar, tapi jelek. Dan tipe kedua: dia cantik luar biasa, tapi bego.”
“elu pacaran berapa lama sama Nisa? Dia bilang gitu pas elu udah berapa lama pacaran?
“waktu itu gue udah pacaran sama nisa sekitar satu tahunan lebih”
“lah kok bisa kaya gitu? Seharusnya kalo nisa ga suka kamu sahabatan sama dea otomatis dia ngomong dari awal pacaran harusnya kan?” tanya gue.
“iya.. gue juga mikirnya gitu jar, trus gue tanyain kaya gitu kan ke dia, jawabannya gini aku ga berani ngomong, takut merusak persahabatanmu. Sekarang biar adil gini aja, kamu pilih dea apa pilih aku?” jawab Dani sambil tertawa mengingat kenangannya tersebut.
“elu jawab apaan habis itu?”
“gue jawab. Iya udah.. aku milih kamu aja. Bego ya gue dulu hahaha”
“dan Dea lu tinggalin? Bego banget emang. Lu ninggalin sahabat demi pacar.” Lah kok jadi gue yang kesel?
“iya gue nya emang bego dulu hehe, dan dea nya pun kayanya sadar kalo gue ngejauh gara-gara si Anisa, misal chat dea aja udah jarang gue balas, terus ga pernah lagi video call, trus kalo balik ke makassar cuman sekedar mampir kerumahnya tapi ga jalan jalan.”
“berapa lama lu bisa bertahan ngehindarin dea?”
“emang sih kalo namanya sahabat ga bakal bisa terganti sampai kapanpun. Mantan pacar? Ada. Mantan temen? Ada. Mantan tukang bakso? Ada. Mantan sahabat? Sampai sekarang ga pernah dengar ada statement kaya gitu. Jadi gue ga tahu kenapa tiba tiba dalam lubuk hati kaya ada yang kurang  gitu.. ternyata setelah sadar emang yang kurangnya itu adalah Dea”
“trus trus?”
“jadi gue sama anisa itu udah pacaran dua tahun, gue baru sadar kalo perbuatan gue salah, dan kebetulan juga waktu itu gue sama anisa lagi berantem hebat gara gara gue ketahuan video callan sama si Dea lagi, jadi gue berpikir dengan akal yang sehat dan benar benar keluar dari hati gue sendiri kalo emang hubungan gue sama anisa pada waktu itu harus berhenti, istilah lainnya gue putusin dia waktu itu.” Dani menghela nafas sambil menghirup kopi yang sudah setengah namun masih hangat.
“anisa nya trus ngomong gimana ke elu?”
“dia bilang aku minta maaf kalo semisal keputusan ku ngelarang kamu sahabatan sama dea itu salah di matamu, aku minta maaf banget, aku harap kita ga putus, aku janji ga bakal ngelarang kamu sahabatan sama dea, dia ngomong kaya gitu sambil nangis jar, gue sih orangnya emang ga kuat dengar cewe nangis, tapi ya.. kalau semisal gue tetep lanjut sama anisa, gue bakalan lebih terbebani kayanya. Jadi pada akhirnya emang waktu itu gue beneran putus sama nisa. Gue harus ngerelain cewe secantik itu demi kebaikan gue.”
“jadi pelajaran yang bisa gue petik mungkin gini dan; jangan pernah tinggalkan sahabat apapun keadaannya, pokoknya menurut gue sahabat itu adalah keluarga yang siap menerima lu kapanpun lu mau, intinya itu da....” belum selesai ngomong, ada pemberitahuan “penumpang pesawat tujuan makassar dipersilahkan naik ke pesawat udara melalui pintu gerbang nomer 3, terima kasih”
“yah.. kita kayanya harus berpisah sampai disini deh, pokoknya makasih banget buat elu yang udah dengerin cerita gue, gue minta alamat kos lu siapa tau gue jalan jalan dari semarang mampir ke solo, gapapa kan?”
“gapapa, nanti gue kasih alamat nya di Whatsapp aja ya, yaudah sana lu naik pesawat dulu aja udah di panggil.”
“oke makasih jar, see you, senang bisa kenal ama lu walaupun singkat. Bye”
Perbincangan malam itu pun berakhir dengan sruputan akhir dari kopi Sidikalang, yang di awal sangat pahit, tapi ternyata di akhir manis.







2 tahun kemudian..
Gue stress, wisuda di akhir tahun sedangkan gue baru nyelesain bab 2, seminar proposal aja belum. Memang sih gue salah ambil judul skripsi; Pengaruh intensitas sinar Infra Red terhadap nyeri leher akibat headbang pada saat konser musik metal. Bego emang gue, nyari jurnal susah, nyari evidence base nya susah, konsul di marahin terus ama dosen pembimbing, akhirnya hari itu gue sudahin nulis skripsi nya, tiba tiba dari depan kost ada yang teriak.
“Surat atas nama Fajar Hidayat!!!” teriak tukang pos
Gue heran, di jaman yang modern gini masih pakai surat? Hebat nih orang, tapi pikir gue paling penawaran-penawaran yang ga penting.
Setelah suratnya gue ambi, disitu tertulis:
“Danial Fahreza, Makassar, 70332”
Gue senang ternyata si Dani masih ingat sama gue padahal udah dua tahun berlalu, dan gue buka isi suratnya ternyata surat nikah! Dani bakal nikah dan dia ngundang gue, pernikahannya di Semarang, dan disitu tertulis..
“Resepsi pernikahan, kami mengundang anda untuk datang di resepsi pernikahan pada tanggal 29-03-2021, atas nama mempelai
Danial Fahreza
&
Deandra Saputri.”


1 komentar: